18
Thu, Apr

Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi / Clakclik.com

Opini
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Oleh: Sumiyatun; Anggota Kelompok Madukara, KKN-MDR IPMAFA 2020

Hampir sembilan bulan COVID-19 mewabah di Indonesia dan belum ada tanda-tanda kapan kondisi ini akan berakhir akan tetapi setiap hari justru terus terjadi lonjakan kasus positif COVID-19. Lonjakan ini disinyalir diakibatkan karena masyarakat mulai abai menerapkan protokol kesehatan dan kurangnya kesadaran masyarakat terkait menjaga pola hidup sehat. Hal ini menyusul pemberlakuan fase adaptasi kenormalan baru. Sebagian masyarakat menganggap bahwa dengan penerapan fase tersebut merupakan fase kembali ke normal seperti sebelumnya.

Padahal, COVID-19 belum sepenuhnya selesai. COVID-19 bahkan kini meraja di Indonesia. Maka dari itu masyarakat perlu sadar bahwa mematuhi protokol kesehatan harus senantiasa dilakukan secara kosnsiten dan menjaga kesehatan merupaka sebuah harga mati sebab melihat fakta peningkatan kasus corona di Indonesia, urusan menjaga kesehatan menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi alias harga mati. Kita tidak tau kapan COVID-19 akan berahir, maka dari itu kita harus selalu berusaha dengan senantiasa waspada dan menjaga diri kita agar jangan sampai terpapar oleh COVID-19 yaitu salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan.

Karena kesehatan merupakan harga mati berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi seperti sekarang ini.

1. Jaga Asupan Makan dengan Konsumsi Buah dan Sayuran

Kita harus meerhatikan asupan makanan yang kita makan. Sebaiknya, kita mulai mengurangi konsumsi makanan instan tersebut dan justru memperbanyak asupan buah dan sayuran.

Konsumsi buah dan sayur penting bagi tubuh karena merupakan sumber serat, vitamin, sekaligus mineral yang dapat menghindarkan kita dari beragam penyakit.

2. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan guna menjaga tubuh agar tubuh tetap sehat. Dalam mengatur pola makan hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah asupan makanan yang kita makan haruslah makanan yang mengandung gizi seimbang serta bervitamin. Asupan yang bergizi tersebut misalnya adalah dengan mengkonsumsi karbohidrat yang terdapat pada nasi, roti, kentang, kemudian sayur-sayuran, buah-buahan, lauk pauk dan susu.

3. Minum Air Yang Cukup

Tubuh kita membutuhkan cairan agar tidak menjadi dehidrasi. Caranya dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Idealnya setiap hari delapan gelas.
Apabila tubuh terkena dehidarasi karena kekurangan cairan, dapat menyebabkan kehilangan daya konsentrasi saat melakukan kegiatan.

4. Rutin Olahraga

Olahraga rutin perlu dilakukan. Olahraga tidak harus olah raga berat, olahraga yang ringan dapat kita lakukan dengan latihan sederhana. Untuk pria bisa mencoba push-up atau sit-up sebanyak 10 kali tiap harinya. Bagi perempuan bisa melakukan olahraga jenis aerobik dengan panduan video. Dan pastinya dalam berolah raga kita harus patuh pada protokol kesehatan yanga da.

5. Berpikir Positif

Berpikir positif termasuk hal yang penting bagi kesehatan. Karena pikiran buruk terhadap orang lain maupun lingkungan sekitar dapat membuat kita menjadi stress sehingga berdampak pada kondisi tubuh. Karena itu selaluh berpikir positif, mungkin kita boleh waswas tapi tidak boleh cemas dan khawatir berlebihan.

6. Istirahat Cukup

Istirahat atau tidur merupakan faktor penting dalam menjaga pola hidup sehat. Jika pola tidur kurang maka akan membuat imunitas tubuh kamu juga menurun. Pada dasarnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7 hingga 8 jam, sementara untuk remaja perlu 9 hingga 10 jam untuk lelap di malam hari.

 

Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.